Profil Calon Lulusan

 Profil Calon Lulusan :

Lulusan Program Magister Teknik Mesin Universitas Riau diharapkan mampu menganalisis berbagai permasalahan teknik mesin bidang perancangan dan mekanika, sistem produksi dan manufaktur serta bidang konversi dan konservasi energi. Lulusan diharapkan dapat melakukan dan mengelola penelitian dengan baik sehingga dapat menghasilkan karya ilmiah berupa publikasi di jurnal bereputasi serta dapat menghasilkan produk inovatif yang bermanfaat secara langsung bagi masyarakat.

Profesi yang mencerminkan profil lulusan antara lain:

  1. Guru/Dosen pada program studi bidang teknik mesin

Lulusan Program Magister Teknik Mesin berpeluang dan dipersiapkan sebagai tenaga pengajar pada tingkat pendidikan tinggi (S1 dan Diploma) serta sekolah-sekolah  kejuruan bidang teknik mesin dan otomotif. Lulusan dipersiapkan untuk dapat memahami konsep dasar keilmuan bidang rekayasa sistem mekanikal, matematika dan ilmu sains dasar serta pengaplikasiannya dalam bentuk rancangan sistem mekanikal, konversi dan konservasi energi serta sistem manufaktur.

 

  1. Peneliti atau ilmuan bidang teknik mesin

Lulusan Program Magister Teknik Mesin dipersiapkan dengan kemapuan berpikir kritis yang diperlukan untuk menghasilkan inovasi bidang keilmuan rekayasa mekanikal, konversi dan konservasi energi serta bidang teknik manufaktur dan otomasi. Lulusan dibekali kemampuan melaksanakan metodologi penelitian, menganalisa dan menginterpretasi data serta dapat melakukan penelitian secara eksperimental, analitikal, dan numerikal secara baik. Lulusan diharapkan dapat memiliki kemampuan menulis karya ilmiah serta publikasi hasil riset dalam jurnal ilmiah bereputasi.

 

  1. Perekayasa dan konsultan mekanikal

Lulusan Program Magister Teknik Mesin diharapkan dapat memiliki kemampuan sebagai seorang perekayasa dan konsultan mekanikal yang dapat mengidentifikasi, merumusakan, menganalisis  dan menyelesaikan atau mencari solusi terhadap masalah-masalah bidang teknik mekanikal, konversi dan konservasi energy serta bidang manufaktur dan otomasi.

 

  1. Pelaku industri dalam bidang teknik mesin

Lulusan Program Magister Teknik Mesin diharapkan dapat memiliki kemampuan sebagai seorang insinyur teknik yang dapat menganalisis permasalahan bidang teknik mekanikal, konversi dan konservasi energi serta sistem manufaktur di dunia industri serta dapat menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Kemampuan analisis sistem mekanikal yang lebih mendalam merupakan nilai tambah yang dimiliki dalam menhadapi permasalahan kongkrit di lapangan.